Apresiasi Capaian BNPT, Komisi 3 DPR RI Dukung Penuh Penambahan Anggaran Tahun 2025

Apresiasi Capaian BNPT, Komisi 3 DPR RI Dukung Penuh Penambahan Anggaran Tahun 2025

INSPIRASI-ID, Jakarta — Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia (RI) mengajukan usulan penambahan pagu anggaran untuk tahun 2025. Usulan anggaran tersebut dibahas tuntas dalam rapat bersama antara BNPT, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Senayan, Jakarta (10/6).

Dalam rapat kerja tersebut, Kepala BNPT RI, Komjen Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si, mengatakan pagu anggaran BNPT 2025 yang telah ditetapkan mengalami penurunan bila dibandingkan dengan 2024. Usulan penambahan anggaran dimaksudkan untuk memuluskan program yang urgen dalam penanggulangan terorisme di Tanah Air. Penambahan anggaran diusulkan dari pagu indikatif Rp626,4 miliar menjadi Rp877 miliar. Hasilnya, fraksi-fraksi di Komisi 3 DPR RI memberikan dukungan penuh terhadap usulan BNPT.

“Pagu anggaran BNPT 2025 sebesar Rp626,4 miliar di mana di antaranya di dalamnya ada SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Apabila dikurangi dengan SBSN jumlahnya menjadi Rp428,5 miliar. Turun Rp33 miliar dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah Rp461,5 miliar,” kata Rycko.

Untuk memaksimalkan program penanggulangan terorisme tahun depan, BNPT mengusulkan penambahan anggaran kepada Komisi 3 DPR RI untuk mendanai berbagai program penanggulangan terorisme bidang pencegahan, penindakan, kerja sama internasional.

Anggota Fraksi Golkar, Supriansa, S.H., M.H., memberikan dukungan terhadap usulan BNPT. Ia mengapresiasi capaian zero terrorism attack yang terjadi di Indonesia sepanjang 2023 dan menilai usulan dari BNPT sangat rasional untuk didukung. Supriansa pun mendorong BNPT untuk meminta penambahan dana bila memang dibutuhkan.

“Jangan pernah ragu meminta anggaran yang sebesar-besarnya jajaran BNPT kepada negara demi memberikan jaminan keamanan bagi rakyat Indonesia. Itu yang penting. Karena apa pun namanya, negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Negara harus ada di situ memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh salah satu anggota Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Bimantoro Wiyono S.H. Ia mengapresiasi capaian kinerja serta serapan anggaran BNPT yang menurutnya sudah terbilang maksimal.

“Saya apresiasi capaian-capaiannya yang sudah terbukti dalam kurun waktu pagu anggaran tahun 2023 yang lalu. Saya pun ingin mengapresiasi capaian anggaran yang saat ini sudah lebih dari 98%. Saya berharap ini bisa terus dipertahankan, Pak. Sehingga ke depan apabila ada penambahan anggaran itu bisa terserap juga dengan baik,” kata Bimantoro.

Dukungan penuh terhadap agenda kerja BNPT ke depan juga diberikan oleh politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Drs. Y. Jacky Uli, M.H. Ia mengatakan agar BNPT tidak ragu mengusulkan anggaran yang lebih besar untuk keamanan bangsa dan negara.

“Untuk penambahan anggaran kita bisa menyetujui usulan ini. Kalau perlu lebih jumlahnya, karena ini urusan untuk bangsa dan negara sehingga tidak perlu ragu-ragu untuk memintanya,” ujar Jacky.

Program-program BNPT yang dimaksud mencakup di antaranya kontra radikalisasi, operasi intelijen, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), pemulihan korban, asesmen pengamanan objek vital, deradikalisasi dalam dan luar lapas, operasi intelijen siber, kesiapsiagaan nasional, penegakan hukum, kerja sama internasional. (*)

Join the discussion

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Menu

Instagram

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.

pafipayakumbuhkab.orgslot danaslot dana