Pendiri DOSS Tahir Matulatan (kelima dari kiri) bersama para rekanan, dari kiri ke kanan: Steve Stanley Halim Sales Manager Canon ICP Division, Manoj K. Vaswani Managing Director Tamron, Johanes Rampi, GM of EI Division FFID (Fujifilm), Kazuteru Makiyama President Director PT Sony Indonesia, Wisnu Iskandar Senior Vice President (SVP) Trade Partnership Blibli.com, Agung Ariefiandi Digital Imaging Product Marketing Manager PT Panasonic Gobel Indonesia, dan Sandy Chandra-Marketing & Sales Manager Olympus OCCI. (Foto: Dok. DOSS)
Ajang fotografi dapat menjadi oase untuk meredam situasi politik yang kian memanas menjelang Pemilu 2019 ini. Para politisi, calon presiden, calon wakil presiden, calon anggola legislatif, DPD, Tim Kampanye serta pendukungnya dapat belajar dari para pabrikan kamera. Kendati biasa berkompetisi dalam merebut pangsa pasar, kali ini mereka bisa berkumpul bersama dalam ajang DOSS Vaganza. Pameran fotografi terbesar tahun 2019 ini yang diikuti oleh hampir semua pemegang merek kamera, lensa, hingga aksesoris kamera di Indonesia.
“Teman-teman ini biasanya berkompetisi, tapi sekarang duduk bareng demi kemajuan fotografi di Indonesia. Tujuannya untuk membangkitkan kembali gairah fotografi yang sudah absen lama, tidak ada pameran dalam 4 tahun terakhir. Sesuai dengan tema Don’t Limit Yourself, Be in Harmony, acara DOSS Vaganza diharapkan agar penggemar fotografi tidak terkotak-kotakkan dengan brand-brand tertentu. Pengunjung bisa melihat, mencoba dan merasakan semua brand baik kamera, lensa ataupun aksesoris,” ujar Tahir Matulatan, pendiri DOSS saat konferensi pers di DOSS Superstore, Jakarta (18/3).
Apresiasi Mitra
Upaya Tahir menggelar acara fotografi ini mendapat apresiasi dari rekanan yang hadir saat konferensi pers. Johanes Rampi, GM of EI Division FFID (Fujifilm) mengatakan, “Apresiasi buat Pak Tahir yang berani membuat acara ini.”
Hal senada disampaikan oleh Sandy Chandra, Marketing & Sales Manager Olympus OCCI. “Ada hal mendasar yang kita usung di pameran ini, yaitu menggabungkan fotografi konvensional dan digital campaign. Apresiasi buat DOSS dan Pak Tahir,” ujarnya.
Kazuteru Makiyama-President Director PT Sony Indonesia menyatakan kegiatan ini sebagai kesempatan untuk menggaet fotografer. “Ini kesempatan yang baik untuk grab fotografer. Brand Sony menawarkan produk-produk kamera dan lensa untuk pemula sampai profesional, Youtuber, makro fotografi, dan lain-lain,” tutur pria yang aktif mengikuti kegiatan fotografi ini.
Sementara itu, Agung Ariefiendi, Audio & Digital Imaging Product Marketing Manager PT Panasonic Gobel Indonesia menyebutkan acara ini selain berguna untuk meningkatkan brand awareness juga mengedukasi fotografi.
Belajar dan Berlatih Fotografi
Eksebisi
foto dan video DOSS Vaganza yang diorganisir oleh tim Caffeine ini berlangsung
20-24 Maret 2019 di Exhibition Hall Lantai 5 West Mall Grand Indonesia,
Jakarta. Pengunjung tidak hanya bisa melihat dan membeli berbagai produk
fotografi dari berbagai pabrikan kamera. Mereka juga dapat mengikuti
perkembangan tren terbaru, sekaligus menambah ilmu tentang fotografi melalui
berbagai workshop yang diadakan
secara gratis.
Sejumlah fotografer profesional lokal dan internasional siap membagikan ilmunya
dalam workshop fotografi di panggung
utama. Sails Chong, salah satu fotografer pernikahan terbaik di dunia saat ini
siap berbagi ilmu. Ada pula Tengku Azri yang tergabung dalam X Photographer
dari Fujifilm Malaysia. Selebihnya, fotografer-fotografer terbaik di bidangnya
juga berbagi pengalaman fotografi secara marathon selama 5 hari berturut-turut.
Materi yang disajikan meliputi Fashion
Photography, Landscape Photography, Wedding & Prewedding Photography, Kids
& Maternity Photography, Social Media Photography, Beauty Portrait, Macro
Photography hingga Digital Imaging.
Pengunjung tidak hanya belajar dari workshop, tetapi juga bisa melatih skill fotografi dan videografi dengan praktik langsung. Dalam area DOOS Vaganza ini disediakan booth display dengan konsep 4 Seasons lengkap dengan model di dalamnya. Selain itu, ada juga ruang low light & video experience yang dibuat khusus untuk menjajal kemampuan kamera pada pencahayaan rendah dalam memotret foto dan merekam video.
Exclusive e-commerce Partner
Untuk memudahkan bertransaksi selama DOSS Vaganza berlangsung, panitia menggandeng blibli.com sebagai exclusive e-commerce partner. Blibli.com menyediakan layanan Online to Offline (O2O) kepada pembeli. Blibli juga menyediakan cicilan 0% untuk cicilan dengan kartu kredit ataupun tanpa kartu kredit.
Wisnu Iskandar, Senior Vice President (SVP) Trade of Partnership blibli.com, mengatakan pihaknya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja selama pameran. “Sebagai platform e-commerce yang mendukung kebutuhan fotografi, kami secara khusus punya kategori yang menyediakan bermacam-macam perangkat kamera dan aksesorisnya. Kami juga menjamin produk yang dijual adalah produk yang 100% orisinil,” tegas Wisnu.
Memajukan Fotografi Indonesia
DOSS sebagai penyelenggara pameran ini merupakan toko penyedia peralatan fotografi dan videografi yang didirikan oleh Tahir Matulatan sejak 13 tahun lalu di Makassar. Saat ini DOSS memiliki 5 cabang, tersebar di Makassar, Ratu Plaza Jakarta, Mall Ambassador Jakarta, Jl. Kyai Maja Jakarta, dan DOSS Superstore Cideng, Jakarta.
Secara performa, sepanjang tahun 2018 DOSS berhasil tumbuh double digit. “Sejak DOSS Cideng kita resmikan, brand awareness dan sales DOSS juga semakin baik. Pembeli kamera kalau dulu lebih ke orang-orang profesional, sekarang photography for everyone,” ujar Tahir.
Tahun 2019 ini, Tahir menargetkan DOSS kembali tumbuh double digit. ”Kita juga berharap event seperti ini bisa kita lakukan secara terus menerus dan menjadikannya agenda tahunan dengan tujuan memajukan fotografi di Indonesia, tidak hanya semata mata untuk mengejar penjualan,” ungkapnya. (Gie)