RS Jantung Harapan Kita dan Tokushukai Medical Corporation Siap Bangun Pusat Medis Kardiovaskular Terbaik di Asia Pasifik

RS Jantung Harapan Kita dan Tokushukai Medical Corporation Siap Bangun Pusat Medis Kardiovaskular Terbaik di Asia Pasifik

INSPIRASI-ID, Jakarta — Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita dan Tokushukai Medical Corporation mengumumkan telah melakukan penandatanganan perjanjian formal (Memorandum of Understanding/MoU) mengenai hibah untuk pembangunan Gedung Harapan Kita—Tokushukai Cardiovascular Center. Acara penandatanganan berlangsung di ruang Nusa Tenggara RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang disaksikan oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, para pejabat tinggi dari kedua institusi serta berbagai tamu undangan.

Tonggak Sejarah

Dirjen Pelayanan Kesehatan Masyarakat dr. Azhar Jaya, S.H., S.KM, MARS. menyatakan bahwa perjanjian ini menandai langkah penting dalam kerja sama antara RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dan Tokushukai Medical Corporation. “Hibah yang akan diberikan oleh Tokushukai Medical Corporation senilai 10 Miliar Yen (setara 1 Triliun Rupiah) berupa gedung 22 lantai dengan dilengkapi seluruh fasilitas yang diperlukan. Kami sangat berterima kasih kepada Tokushukai. Dengan bantuan ini kapasitas RSIPD Harapan Kita dari 400 tempat tidur menjadi 700 tempat tidur. Dan, ini akan menambah kapasitas operasi yang semula 5.000 kasus per tahun akan menjadi 7.000 per tahun,” tutur dr Azhar Jaya.

Gedung yang dibangun kelak dinamai Harapan Kita—Tokushukai berupa gedung 22 lantai, terdiri dari 20 lantai untuk layanan Kesehatan, lantai 21 untuk ruang kontrol MEP (Mekanikal Elektrikal Plumbing), lantai 22 untuk fasilitas helipad, dan 3 lantai basemen. Gedung Harapan Kita—Tokushukai direncanakan memiliki berbagai fasilitas canggih termasuk ruang operasi, laboratorium kardiovaskular, ruang perawatan intensif, dan ruang rawat inap yang nyaman. Proyek ini diharapkan akan selesai dalam waktu dua tahun dan rencananya dapat langsung dioperasionalkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luaspada tahun 2027. Pusat pelayanan kesehatan ini dirancang untuk menjadi fasilitas medis terdepan yang menyediakan layanan kardiovaskular terbaik di Indonesia dan bahkan Asia Pasifik.

Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Dr. dr. Iwan Dakota, Sp. JP (K), MARS menyatakan, “Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tokushukai Medical Corporation atas hibah yang sangat besar ini. Gedung Harapan Kita—Tokushukai akan menjadi tonggak penting dalam upaya kami untuk meningkatkan layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah di Indonesia. Kami yakin bahwa dengan fasilitas baru ini, kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan inovatif kepada masyarakat.”

CEO Tokushukai Medical Group, Shinichi Higashiue, juga menyampaikan antusiasmenya terhadap proyek ini. “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Kami percaya bahwa proyek ini akan membawa manfaat besar bagi banyak orang dan kami berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan layanan kesehatan di Indonesia.”

Pelopor Pelayanan Kardiovaskuler

Kerja sama ini juga mencakup program pelatihan dan penelitian bersama untuk meningkatkan kompetensi tenaga medis serta pengembangan teknologi medis terbaru. Akan ada pendayagunaan tenaga medis dan tenaga kesehatan Tokushukai untuk melakukan praktik klinis, penelitian dan pendidikan di bidang kedokteran tingkat lanjut bersama tenaga medis dan tenaga kesehatan RSJPD Harapan Kita di gedung baru, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dan Tokushukai Medical Corporation berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam bidang kesehatan jantung dan pembuluh darah di kawasan Asia Pasifik.

Hadirnya Gedung Harapan Kita—Tokushukai dengan teknologi dan tenaga kesehatan yang bertaraf internasional, diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia, sehingga tidak perlu untuk jauh-jauh berobat ke luar negeri. Kerja sama pengembangan layanan kardiovaskular ini diharapkan akan dapat meningkatkan kapasitas dan peran RSJPD Harapan Kita sebagai world class hospital dengan layanan kardiovaskular terbaik di Asia. Untuk ke depan, Pusat Kardiovaskular ini juga optimis akan menjadi pusat kardiovaskular rujukan dari berbagai negara di Asia.

Penandatanganan perjanjian ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan peninjauan lokasi yang akan dibangun Gedung Harapan Kita—Tokushukai. (Gie)

Join the discussion

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Menu

Instagram

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.