Sarinah, InJourney Hospitality dan AP1 Bersinergi Tingkatkan Hospitality Pariwisata Labuan Bajo

Sarinah, InJourney Hospitality dan AP1 Bersinergi Tingkatkan Hospitality Pariwisata Labuan Bajo

INSPIRASI-ID, Labuan Bajo — Melalui partisipasi aktif dalam program InJourney Hospitality House (IHH) di Labuan Bajo, PT Sarinah, PT Hotel Indonesia Natour (InJourney Hospitality) dan PT Angkasa Pura 1 (AP1) berkolaborasi memberikan program pelatihan yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat dan pelaku usaha di kawasan destinasi wisata.

InJourney Hospitality House (IHH) Labuan Bajo 2024 Batch I dihadiri oleh 61 peserta. Pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari dengan metode pembelajaran praktis dan teoritis dalam empat modul pelatihan yang mencakup: sikap diri yang benar dalam pelayanan, komunikasi dalam pelayanan (hospitality communication), kebersihan produk dan lingkungan, serta cara berpenampilan (grooming & greeting).

“Industri pariwisata Indonesia memiliki potensi besar, khususnya di kawasan destinasi wisata super prioritas seperti Labuan Bajo. Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata menjadi kunci penting. Program InJourney Hospitality House (IHH) merupakan salah satu wujud untuk mewujudkan hal tersebut. Program ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai hospitality yang baik kepada masyarakat dan pelaku usaha di kawasan destinasi wisata,” jelas M Yaser Khalex, Corporate Secretary Group Head PT Sarinah dalam sambutannya.

Pada 2023, PT Sarinah telah sukses berkolaborasi dengan PT Hotel Indonesia Natour (InJourney Hospitality) dalam menyelenggarakan 12 batch program InJourney Hospitality House. Tahun ini, kolaborasi diperluas dengan melibatkan Angkasa Pura 1 (AP1), sehingga jangkauan program menjadi lebih luas.

“Kolaborasi ini mencerminkan komitmen kuat Sarinah sebagai bagian dari InJourney Group untuk mendukung pengembangan pariwisata Indonesia. Kami percaya bahwa dengan meningkatkan kualitas SDM pariwisata, kita dapat memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan dan meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di kancah internasional,” ujar Khalex.

Adianta Apriadi, Plt VP Corporate Secretary InJourney Hospitality mengatakan, “Pada Batch berikutnya atau bulan Juli 2024, kami akan berkolaborasi kembali untuk melakukan IHH Labuan Bajo 2024 Batch 2 dengan konsep baru yang lebih menarik. Kolaborasi ini tidak hanya fokus pada peningkatan keterampilan, tetapi juga mendorong pengembangan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata. Kami yakin bahwa program ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat lokal di Labuan Bajo.”

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs.) Vice President Corporate Secretary AP1 Yuyun Waryunaningsih mengatakan, IHH diharapkan dapat memberikan manfaat positif yang berkesinambungan bagi para peserta pelatihan. “Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas, kompetensi, dan skill bagi para peserta yang juga merupakan pelaku pariwisata secara berkesinambungan. Dengan demikian, akan dapat memberi dampak positif terhadap kualitas dari ekosistem pariwisata di Labuan Bajo yang juga merupakan salah satu dari lima DPSP di Indonesia,” ujar Yuyun. (Gie)

Join the discussion

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Menu

Instagram

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.