SPOTV Gelar Perdana BDMNTN-XL di Jakarta: Laga Bulutangkis Format Baru dengan Pemain Elit Top 20 Dunia

SPOTV Gelar Perdana BDMNTN-XL di Jakarta: Laga Bulutangkis Format Baru dengan Pemain Elit Top 20 Dunia

INSPIRASI-ID, Jakarta — Jaringan televisi berbayar asal Korea Selatan, SPOTV, yang menayangkan berbagai program olahraga dan beberapa program talk show terkait olahraga akan menggelar BDMNTN-XL, ajang kompetisi bulutangkis dengan format baru. Turnamen yang menghadirkan para pemain elitTop 20 Dunia ini akan digelar pada 31 Oktober hingga 3 November 2024 di Istora Senayan Jakarta. Kick off BDMNTN-XL dilakukan oleh dua pemain bulutangkis terkemuka Indonesia, Fajar Alfian dan Hendra Setiawan dengan disaksikan langsung oleh CEO SPOTV Media, Lee Choong Kay. Acara ini berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta (24/9/2024).  

Revolusi Permainan Bulutangkis

BDMNTN-XL oleh Lee Choong Kay disebut akan merevolusi olahraga bulutangkis dengan format yang belum pernah ada sebelumnya. Format kompetisi melibatkan empat tim, yaitu: Blitzers, Hurricanes, Lightning, dan Rockets. Masing-masing tim terdiri dari tujuh pemain (empat pria dan tiga wanita). Setiap pertandingan terdiri dari empat set berdurasi 10 menit, atau ‘quarter’, dengan tiebreaker sudden-death jika skor imbang 2-2.

Untuk menambah keseruan, setiap tim akan dipandu oleh kapten non-pemain, yang akan berperan penting dalam merancang strategi kemenangan, mulai dari pemilihan pemain hingga pembobotan pertandingan. Pemain akan dipilih melalui sistem snake, yakni kapten memilih bintang mereka secara bergantian. Akan ada pertandingan baru 3v3 juga. Dalam pertandingan 3v3, kapten dapat melakukan pergantian pemain tanpa batas antar set, memungkinkan kecerdasan taktis muncul ke permukaan.

Esther Arianti dari SPOTV Indonesia mengatakan, BDMTN-XL merupakan format baru dalam ajang kompetisi badminton dengan melibatkan pemain Top 10 dan Top 20 Dunia. Format permainan beregu. Dalam satu regu/tim bisa melibatkan beberapa negara, salah satunya dengan format 3v3 atau 3 lawan 3.

Menurut Esther yang hadir didampingi Seno, nama BDMTN-XL ini meskipon ada kata ‘XL’ tetapi tidak ada hubungannya dengan operator seluler. BDMTN-XL artinya kompetisi Badminton eXtra Large dengan format baru. “Dalam BDMNTN-XL, kata ‘XL’ merupakan angka Romawi untuk 40, yang mencerminkan empat set pertandingan dengan durasi masing-masing 10 menit. Penggunaan angka Romawi ini menekankan struktur unik dari turnamen ini,” terangnya.

Sementara itu, Lee menyatakan bahwa format baru ini meskipun belum diakui secara resmi oleh Federasi Badminton Dunia (Badminton World Federation/BWF), namun tanggapan dari komunitas bulutangkis, termasuk asosiasi dunia, sangat positif. “Mereka melihat inovasi ini sebagai sesuatu yang segar dan berpotensi menarik lebih banyak penggemar ke olahraga bulu tangkis,” ujarnya..

Lee menyatakan bahwa format baru BDMNTN-XL ini sebagai kesempatan untuk memperkenalkan elemen-elemen baru dalam permainan yang bisa melengkapi turnamen tradisional. “Kami tetap menjaga komunikasi yang baik dengan BWF dan asosiasi terkait untuk memastikan bahwa turnamen ini selaras dengan visi besar pengembangan bulu tangkis global,” ungkap Lee,.

Laga Atlet Elit Top 20

Dengan hadiah hampir USD 1 juta, kompetisi ini diperkirakan akan berlangsung sangat ketat, dengan penampilan tingkat tinggi dari setiap atlet. Para penggemar akan senang melihat bintang Indonesia Jonathan Christie, Juara All England 2024, dan Greysia Polli, peraih medall emas Olimpiade 2020, bertanding di Tanah Air. Ajang BDMNTN-XL ini juga akan menjadi kompetisi pertama kali menyaksikan pasangan ganda yang berbeda sebagai bagian dari sistem draft.

Turnamen inovatif ini akan menghadirkan pemain-pemain elit Top 20 Dunia, antara lain Viktor Axelsen, peringkat satu dunia dan juara dunia Thailand Ratchanok Intanon serta juara Olimpiade dua kali. Axelsen sangat antusias menjadi bagian dari acara unik ini. “Saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam BDMNTN-XL,” ujarnya.  

Axelsen menambahkan, “Ini adalah pertama kalinya saya ikut serta dalam acara berbasis tim yang begitu menarik di Indonesia. Saya sangat menantikan bermain bersama pemain hebat dari seluruh dunia. Kami akan menampilkan pertunjukan yang luar biasa!”

Bagi Fajar Alfian, bertanding bersama pemain-pemain terbaik pria dan wanita dari seluruh dunia adalah sesuatu yang sangat dinantikan. “Elemen strategi, dengan kapten yang membuat keputusan penting serta pergantian pemain tanpa batas, jadi tambah seru. Ini akan menjadi sesuatu yang berbeda, dan saya yakin baik pemain maupun penggemar akan menyukai pengalaman baru ini. Selain itu, pertandingan dibatasi waktu, sehingga temponya akan sangat cepat, jadi bikin tambah deg-degan,” ungkap Fajar.

Hendra Setiawan, pemain ganda putera Indonesia yang dikenal dengan The Daddies, juga akan memeriahkan pertandingan, “Saya senang sekall bisa berpartisipasi di BDMTN-XL. Dengan format pertandingan yang unik, saya yakin saya bisa memberikan tontonan yang menarik. Saya akan bersenang-senang di sini. Saya harap para penggemar saya juga turut hadir menyemangati saya,” ajak Hendra.

Saat ini tiket sudah bisa didapatkan di tiket.com. Ada lima kategori tempat duduk, yaitu: SUPERFANS, VVIP, VIP, CAT 1, dan CAT 2. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi tiket.com atau @bdmntn.xl:

Sensasi Nonton Bulutangkis Format Baru

Turnamen BDMTN-XL ini akan menjadi perayaan bulutangkis yang menarik. SPOTV akan menjadi mitra siaran resmi. Selain memberikan liputan langsung, SPOTV akan menyiarkan konten lainnya seputar para pemain dan tim.

Siaran SPOTV di Indonesia dapat diakses melalui televisi kabel First Media dan MNC Play, televisi parabola berlangganan MNC Vision dan K- Vision, serta tersedia di platform daring seperti SPOTV Now, First Media X, Vidio (mulai 2024), dan Vision+ untuk berbagai perangkat. (Gie)

Join the discussion

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Menu

Instagram

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.

pafipayakumbuhkab.orgslot danaslot dana