Indonesia WOW Brand 2024: Gen Z Butuh Pendekatan Baru dari Para Brand

Indonesia WOW Brand 2024: Gen Z Butuh Pendekatan Baru dari Para Brand

INSPIRASI-ID, Jakarta — Konsumen hari ini sangat kompleks dan beragam. Salah satu segmen konsumen yang tengah menjadi buah bibir para pemasar adalah para Generasi Z atau Gen Z. Pasalnya, konsumen masa depan yang sudah memiliki daya beli ini cukup sulit untuk dimengerti. Menjawab persoalan tersebut, Indonesia WOW Brand kembali digelar.

Edisi kesembilan Indonesia WOW Brand 2024 inii menghadirkan tema “Branding to Gen Z.” Topik kali ini membedah karakter Gen Z dan strategi paling ampuh untuk menjangkau mereka di berbagai kategori industri. Ajang Seminar Brand Terakbar yang diselenggarakan oleh MarkPlus, Inc. bersama Marketeers ini berlangsung di The Ballroom at Djakarta Theater, Jakarta (7/3/24).

Indonesia WOW Brand 2024 menghadirkan nama-nama besar dengan segudang insight dan pengalaman dari berbagai perusahaan lintas industri. Hadir sebagai pembicara: Iwan Setiawan, CEO MarkPlus, Inc. membuka ajang ini sekaligus menyambut para pembicara lainnya, seperti Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor; Junus Koswara, Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma Apotek. Ketiganya membahas sisi strategis dalam menggarap pasar Gen Z.

Sementara itu, sisi tactical dalam memenangkan hati Gen Z dibahas oleh Mustofa Saadji, Marketing Manager Campina; Leovathy Augusta, Head of Marketing Mister Potato; Norisa Saifuddin, SVP Marketing Communication BCA; dan Agung Gunawan, Sr. Promotion Manager Kota Kasablanka. Mereka mengulas berdasarkan strategi pemasaran dari masing-masing brand dalam meraih engangement dengan Gen Z.

Customer Path 5A

Menurut Iwan Setiawan, para pegiat merek dapat mengevaluasi strategi mereka terhadap dua konsumen muda ini melalui Customer Path 5A (Aware, Appeal, Ask, Act, Advocate). Tentu, beda industri memiliki pattern yang berbeda untuk fase perjalanan konsumen ini.

“Gen Z dan Gen Alpha adalah generasi termuda yang sedang trendy. Mereka membutuhkan pendekatan yang baru dari para brand,” kata Iwan.

Setidaknya, ada empat pattern yang populer dan sering dialami oleh para pelaku industri, seperti Trumpet yang terjadi kebanyakan pada konsumen produk smartphone, motor listrik, atau furniture. Adapula, pattern Doorknob yang jamak terjadi di konsumen produk skincare, jasa kurir, dan biskuit di industri FMCG.

Berbeda dengan pattern Funneluntuk konsumen produk lokal parfum, digital bank, dan jaringan

apotek. Begitu juga dengan pattern Bowtie yang umumnya dibentuk oleh konsumen dari produk pengguna jasa transportasi umum dan produk shampoo.

Selain memperkenalkan pola dari Customer Path 5A, Iwan juga memberikan alat ukur dari keberhasilan kampanye melalui konsep Brand Advocacy Ratio (BAR) yang menjadi indikator sehat atau tidaknya sebuah brand.

New Branding

Acara onsite satu hari yang menjadi “Pestanya Orang Brand” ini ditutup oleh Hermawan Kartajaya. Founder & Chairman MCorp ini menyoroti hubungan Gen Z dengan merek dalam era teknologi canggih yang dikemas dalam bahasan bertajuk “Content X AI: New Branding”,

“Customer Path 5A ini merujuk isi buku Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital yang

saya tulis bersama Philip Kotler dan Iwan Setiawan,” ujar Hermawan Kartajaya.

Hermawan melanjutkan, melalui teknologi, masyarakat akan aware dengan suatu brand, kemudian appealing agar menarik perhatian. Sesudah itu, akan timbul pertanyaan atau ask dari Masyarakat. Apabila puas dengan jawabannya maka mereka akan melakukan act, bisa mencoba atau mungkin membeli. “Selanjutnya, jika pelanggan telah melakukan advokasi maka pendekatan marketing yang dilakukan oleh perusahaan dapat dinilai berhasil,” papar Hermawan.

Ajang Anugerah

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak yang terlibat dalam berbagai industri, termasuk para eksekutif merek (brand C level, brand manager, markom, PR, corcom), agensi periklanan, serta media.

Selain seminar yang sarat wawasan terhadap Gen Z, Indonesia WOW Brand 2024 juga menghadirkan ajang penganugerahan untuk para brand, di antaranya Indonesia WOW Brand Award 2024, Branding Campaign of The Year 2024, dan Brand for Good. Ketiga ajang ini diberikan sebagai apresiasi luar biasa di dunia branding terhadap para brand inspiratif di Tanah Air.

Indonesia WOW Brand Award 2024 merupakan penghargaan bagi 300 merek yang berhasil mendapatkan advokasi tertinggi dari konsumennya berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MarkPlus Insight.

Sementara, Indonesia Branding Campaign of the Year 2024 menjadi penghargaan untuk merek-merek yang berhasil menjalankan kampanye kreatif dengan sukses. Ada empat kategori: Above The Line (ATL), Below The Line (BTL), Digital Marketing, dan Public Relations.

Brand for Good Club 2024, merupakan penghargaan ke para komunitas merek yang berhasil mengimplementasikan pemasaran dengan dampak sosial yang signifikan.

Rangkaian acara ini diharapkan para peserta bisa pulang ke kantor masing-masing dengan pemahaman yang mendalam terhadap Gen Z dan mendapat banyak inspirasi dari para speaker dan para pemenang penghargaan yang dihadirkan di dalam Indonesia WOW Brand 2024. (Gie)

Join the discussion

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Menu

Instagram

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.